Jakarta -
Membaiknya kondisi ekonomi Indonesia berdampak terhadap perilaku konsumen
Indonesia. Diprediksi akan terjadi perubahan aktivitas dan perilaku konsumen
Indonesia ke depan sehinggga pebisnis harus menangkap perilaku ini supaya
produk dan jasa yang ditawarkan tetap diminati konsumen.
Apa saja perilaku konsumen masa depan Indoensia itu? Pengusaha nasional Sandiaga Uno memiliki penilaian tersendiri terhadap konsumen masa depan Indonesia, salah satunya ialah konsumen Indonesia ingin memperoleh pelayanan atau produk dengan cepat tanpa harus menunggu lama.
"Ke depannya konsumen makin istant harus dapet dengan cepat," tutur Sandi di acara bincang-bincang d'Preneur yang digelar di Menara Bank Mega.
Selain itu, tambah Sandi, konsumen Indonesia kedepan akan sangat kritis. Menurutnya, ketika konsumen merasa kecewa terhadap sebuah layanan atau produk, sebut Sandi, sang konsumen langsung mencurahkan kekecewaannya di media sosial.
"Kedua kalau kecewa langsung ngomong, langsung ngetweet semua dia beritahu," tambahnya.
Terakhir, konsumen Indonesia kedepan memiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi. Hal ini menurut Sandi harus memperoleh perhatian khusus bagi para pebisnis.
"Konsumen ke depannya sangat mobile dia enggak suka diam di satu tempat, pergi hari ini ada di Surabaya besok ada di Medan, Manado dan lain-lain," pungkasnya.
(feb/ang)
Apa saja perilaku konsumen masa depan Indoensia itu? Pengusaha nasional Sandiaga Uno memiliki penilaian tersendiri terhadap konsumen masa depan Indonesia, salah satunya ialah konsumen Indonesia ingin memperoleh pelayanan atau produk dengan cepat tanpa harus menunggu lama.
"Ke depannya konsumen makin istant harus dapet dengan cepat," tutur Sandi di acara bincang-bincang d'Preneur yang digelar di Menara Bank Mega.
Selain itu, tambah Sandi, konsumen Indonesia kedepan akan sangat kritis. Menurutnya, ketika konsumen merasa kecewa terhadap sebuah layanan atau produk, sebut Sandi, sang konsumen langsung mencurahkan kekecewaannya di media sosial.
"Kedua kalau kecewa langsung ngomong, langsung ngetweet semua dia beritahu," tambahnya.
Terakhir, konsumen Indonesia kedepan memiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi. Hal ini menurut Sandi harus memperoleh perhatian khusus bagi para pebisnis.
"Konsumen ke depannya sangat mobile dia enggak suka diam di satu tempat, pergi hari ini ada di Surabaya besok ada di Medan, Manado dan lain-lain," pungkasnya.
(feb/ang)
Analisis
Menurut
saya perubahan tipe konsumen di masa depan tentunya akan sangat berdampak pada
pergerakan ekonomi suatu Negara karena bagaimanapun perubahan pola konsumen
harus disikapi dengan baik oleh para produsen bila tidak mau adanya penurunan
jumlah konsumsi secara signifikan. Jadi para produsen tentunya harus turut
serta memperhatikan produk dan jasa yang ditawarkan agar tetap bisa menarik dan
diminati oleh konsumen, kualitas pelayanan yang ditawarkan juga harus turut
serta dijaga kualitasnya agar sebisa mungkin tidak mengecewakan para konsumen
yang sekarang ini cenderung lebih kritis dan aktif untuk menyampaikan
kekecewaan mereka terhadap suatu produk maupun pelayanan yang kurang
menyenangkan dari produsen.
0 komentar:
Posting Komentar