Senin, 12 November 2012

Agustus, Pengangguran di Indonesia Mengalami Penurunan

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) terjadi secara y-o-y Agustus 2012 mencapai 6,14 persen. Pengangguran ini mengalami penurunan dibandingkan TPT Agustus 2011 sebesar 6,56 persen.

"Tingkat pengangguran terjadi penurunan dari 6,56 persen menjadi 6,14 persen, dengan jumlah 7,7 juta menjadi 7,24 juta orang," kata Kepala BPS Suryamin, di kantornya, Jakarta, Senin (5/11/2012).

Dia menjelaskan, selama setahun terakhir, dari Agustus 2011 sampai Agustus 2012, jumlah penduduk yang bekerja mengalami kenaikan terutama di sektor industri sekira 830 ribu orang, serta sektor jasa kemasyarakatan sebesar 450 ribu orang.

Sedangkan sektor-sektor yang mengalami penurunan adalah sektor pertanian sebesar 450 ribu orang, sektor perdagangan sebesar 250 ribu orang, dan sektor transportasi, pergudangan, dan komunikasi sebesar 80 ribu orang.

Adapun jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Agustus 2012, mencapai 118,0 juta orang. Angka ini naik 670 ribu orang dibanding keadaan Agustus 2011. Jumlah penduduk yang bekerja di Indonesia pada Agustus 2012 mencapai 110,8 juta orang, berkurang sekira dua juta orang dibanding keadaan pada Februari 2012 sebesar 112,8 juta orang, namun bertambah 1,1 juta orang dibanding keadaan Agustus 2011.
(mrt)
 analisa :
sebagai negara berkembang Indonesia masih belum mampu menjawab permintaan lapangan kerja.angkatan kerja yang lahir setiap tahunnya adalah semakin banyak sementara kesempatan kerja yang ada cenderung tetap bahkan berkurang.ketersediaan lapangan kerja yang minim juga dipengaruhi oleh jumlah investasi yang masih sedikit.oleh sebab itu pemerintah,perusahaan dan swasta haruslah mampu mencari dan menarik investor,karena apabila investasi naik maka modal naik jumlah produksi akan naik pula jumlah produksi naik maka perlunya tambahan tenaga kerja disinilah akan terserap tenaga kerja .pengantian sdm dengan tenaga mesin yang marak ahkir-ahkir ini juga harus dikurangi dinegara berkembang seperti bangsa kita karena hal ini menggurangi kesempatan kerja.lahan pertanian dan perternakan yang semakin  menyempit menyebabkan penduduk desa banyak kehilangan tempat kerjanya.kurangnya kemampuan bersaing mengakibatkan banyak angkatan kerja dalam negri kalah saing dengan angkatan kerja asing.pelatihan guna mempersiapkan tenaga kerja sangatlah dibutuhkan oleh negara kita untuk bisa membantu mereka bertahan di era globalisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates